Bumper Bukan Hanya Sekedar Hiasan Mobil

Bumper Bukan Hanya Sekedar Hiasan MobilSebagai salah satu bagian terpenting dari mobil kita, bumper bagian belakang memiliki fungsi yang penting untuk keselamatan berkendara. Jika dahulu fungsi bumper untuk menahan benturan, maka seiring perkembangan jaman saat ini bumper berfungsi meredam benturan. Karena jika hanya berfungsi sebagai penahan benturan, risiko akan keselamatan penumpang di kabin belakang masih sangat tinggi.

Meskipun bumper tak hanya berfungsi sebagai hiasan melainkan keselamatan, tapi jika anda hendak ke BENGKEL MOBIL dan memasang bumper, usahakanlah menghindari pemasangan bumper berbahan metal, meski akan membuat mobil tampak lebih keren, namun bahan metal bisa mengurangi atau bahkan menghilangkan bumper yang berfungsi meredam benturan. Hal seperti itu mungkin juga akan disarankan oleh BENGKEL mobil anda.

Pemasangan bumper belakang sebaiknya menggunakan material yang berbahan lentur atau plastik yang didesain menyatu pada mobil. Karena hal tersebut akan mengurangi efek benturan, tapi sayangnya masih ada yang beranggapan bumper yang terbuat dari material lentur atau plastik ini tidak kuat menahan benturan. Padahal dibalik lunak dan tipisnya material ini justru didukung oleh komponen chassis, baik yang bertipe ladder ataupun monokok.

Dan perlu diketahui bahwa bumper belakang yang mengurangi risiko tabrakan belakang, saat ini telah menjadi salah satu kesepakatan keselamatan yang mencermati aspek whiplash protection (perlindungan dari tabrakan belakang).

Simak Artikel Menarik Lainnya Menjaga Agar Bumper Tetap Mengkilap

Tinggalkan komentar