Memandikan Mesin Mobil

Memandikan Mesin MobilHingga saat ini belum ada mesin untuk mencuci mesin mobil. Maka jika mesin menjadi kotor, tetap tenang saja karena anda dapat dengan aman memandikan mesin mobil. Seperti hal yang dilakukan oleh bengkel mobil untuk membersihkan mesin mobil agar lebih memiliki nilai keindahan dan lebih menyenangkan tentunya, dan yang penting adalah lebih aman. Karena mesin yang kotor dengan timbunan oli dan juga gemuk ini bisa menjadi titik awal terjadinya kebakaran mesin.

Jika anda memutuskan untuk memandikan mesin mobil sendiri tanpa ke bengkel mobil, maka berikut ada beberapa tips yang bisa anda ikuti agar tetap aman.

– Hidupkan dan jalankanlah mesin selama 15 menit atau sampai mencapai suhu pengoperasian normal.

– Matikanlah mesin dan buka kapnya. Buka selubung pembersih udara mesin. Gunakan kantong plastic dan pita untuk menutupi karburator, unit injector bahan bakar, dan komponen elektronik yang mudah rusak karena air (distributor, alternator, koil, dll)

-Semprot komponen lain dengan sekaleng penghilang gemuk mesin utk melunakkan gemuk dan oli agar lebih mudah dibersihkan, diamkan beberapa menit untuk meluruhkan timbunan lemak.

– Semprot ruangan mesin dengan hati-hati menggunakan air yang ditempatkan pada tekanan tinggi untuk membersihkan gemuk.

– Angkat kantong plastic dari komponen yang ditutupi. Pasangkan kembali komponen lain yang tadi dibuka.

– Cobalah untuk menghidupkan mesin. Jika tidak menyala, periksalah kemungkinan air telah masuk ke distributor, coba buka dengan hati-hati dan keringkanlah distributor dengan kain bersih.

 

Baca Artikel Otomotif Menarik lainnya tentang bagaimana Merawat Interior Mobil

 

Tinggalkan komentar